Total Tayangan Halaman

All About blogger

Tukar link disini

christian tatelu
Diberdayakan oleh Blogger.
.

Pengikut

Cari Blog Ini

Sabtu, 19 Mei 2012

Salah adalah suatu hal yang paling tdak diinginkan dalam hidup kita. Namun, apalah daya seorang manusia biasa yang memang sudah dtakdirkan sebagai tempatnya lupa (alinsanu makhalul khoto' wa nisyan), yang benar-benar bisa dilakukan adalah memperkecil kesempatan untuk brbuat suatu kesalahan tersebut. Tentu manusia punya banyak cara untuk itu (tidak membahas cara-cara untuk mengurangi kesalahan mungkin lain waktu). Tapi tetaplah manusia bukan makhluk yang sempurna. Di sisi lain ketika seseorang melakukan suatu kesalahan sebagai akibat prbuatanya tentulah akan merasa malu akan kesalahanya, di sisi yang lain lagi mungkin seseorang akan sakit hati karena ksalahan orang lain.

Nah, disinilah yang saya maksud, ketika kita benar-benar sakit hati, marah, bahkan malu oleh kesalahan orang lain ataupun kslahan kita sendiri, sebaik mungkin hendaknya jangan pernah menyalahkan orang lain. Mengapa??? Karena orang lain yang melakukan kesalahan itupun sudah terbebani dengan kesalahanya, apabila kita menyalahkanya secara otomatis akan menambah bebanya secara psikologis yaitu rasa bersalah dan malu yang bertambah. Senangkah kita dengan penderitaan orang yang sudah menderita? Bila kita orang normal tentu tidak senang. Bahkan, seorang yang benar2 sukses dalam segla hal adalah orang yang sukses dalam bersosial. Orang yang benar-benas sukses adalah orang yang benar2 bisa memahami orang lain.
Next lalu bagaimana jka kesalhan itu kita sendiri yang melakukan. Prinsipnya tetap satu "JANGAN PERNAH MENYALAHKAN" jangan belenggu diri kita dengan kesalahan dan kita menyalahkan diri kita sendiri. Hal ini hanya benar2 membuang lebih banyak energi positif dalam diri kita yang akan menggiring kita kearah kesuksesan karena energi tersebut hanya kita gunakan untuk mnyalahkan diri kita, yang memang kdang salah. Jadi, jangan salahkan diri kita dan orang lain itulah salah satu tangga untuk mencapai kesuksesan kita. Tapi ada satu atau dua kalimat berikut yang tidak boleh kita lupakan yaitu "Tidak menyalahkan diri kita sendiri bukan berarti kita tidak mengakui kesalahan kita". Jika memang kita salah, maka segera akui kesalahan kita jangan menjdikan orang lain kambing hitam dari kesalahan kita. Akuilah kesalahan kita dan jangan pernah menyalahkan diri kita.
Terakhir ane punya tip bagaimana cara untuk menghindari menyalahkan orang lain maupun diri sendiri. Tipsnya cukup dengan satu kata yaitu "MEMAAFKAN", inilah yang lebih menenangkan hati dan menciptakan lebih banyak energi positif dalam diri kita dan di sekitar kita. Maafkanlah kesalahan orang lain, maafkanlah diri kita sendiri, dan tersenyumlah karena dunia akan lebih tersenyum mlihat kesuksesan kita bersama sahabat kita, teman2 kita, orang terdekat kita, dan orang terjauh kita sekalipun.


_CMIIW_


presented by: Wahid A.M
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar